Image of Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam II / Oliver Leaman, Seyyed Hossein Nasr (Editor)

Text

Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam II / Oliver Leaman, Seyyed Hossein Nasr (Editor)



Buku ini, sesuai dengan namanya, mencoba menghadirkan filsafat Islam secara ensiklopedis. Ditulis oleh lima puluh pakar dalam filsafat Islam, yang mewakili berbagai perspektif dan latar belakang keagamaan/kebudayaan - antara lain, Seyyed Hossein Nasr, Oliver Leaman, Ian Richard Netton, Hossein Ziai, William C. Chittick, Osman Bakar, Mehdi Aminrazavi, Alexander Knysh, dan Shabbir Akhtar.
Dalam hal isi, buku ini dibagi menjadi sembilan bagian. Bagian Pertama membicarakan akar-akar religius dari filsafat Islam (Al-Quran dan Sunnah sebagai sumber serta inspirasi), latar belakang kultural (persentuhan kaum Muslim dengan kebudayaan Yunani, Suryani, India dan Persia), dan konteks intelektual (kontroversi teologis/filosofis internal di kalangan pemikir Islam).
Bagian Kedua dan Ketiga membentangkan kehidupan dan pemikiran para filosof Islam awal -Al Kindi (filosof Islam pertama), Al Farabi (penggagas "Kota Utama"), Al Razi, Al Amiri, Ikhwan Al Shafa, Ibn Sina (filosof dan dokter klasik terbesar), Ibn Miskawaih (filsafat etika), Al Ghazali (hujjatul-Islam paling berpengaruh), Ibn Masarrah, ibn Bajjah, Ibn Thufail, Ibn Rusyd (filosof dan faqih terkemuka), Ibn Sab'in, Ibn Khaldun (perintis filsafat sejarah).
Kaitan erat antara filsafat Islam dan tasawuf dipaparkan dalam Bagian Keempat. Di sini, dibahas tiga sufi-teosof terkemuka: Ain Al Qudhat Hamadani (sufi sang martir), Syihab Al-Din Suhrawardi (pendiri mazhab Isyraqiyyah/Illuminasionisme), Ibn 'Arabi (sufi-teosof terbesar).


Ketersediaan

I26689-C1I26689My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Seri Filsafat Islam
No. Panggil
I26689
Penerbit Mizan : Bandung.,
Deskripsi Fisik
16 x 24 cm / 1696 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794333425
Klasifikasi
297.03 / NAS / e / II
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini