Image of Marriage Encounter Dan Kerasulan Awam

Text

Marriage Encounter Dan Kerasulan Awam



Bagaimanakah perkawinan dapat berhasil?
Paham perkawinan katolik sebagai persekutuan seluruh hidup yang terarah kepada kebaikan suami isteri dan anak dengan sifat-sifat hakikinya seperti monogami dan tak terputuskan, demikian pula sebagai sakramen, menuntut persyaratan yang sangat tinggi, sehingga kadang-kadang timbul pertanyaan: siapa yang dapat memenuhi persyaratan itu sepenuhnya? Bukankah manusia itu serba terbatas dan bahkan rapuh? Pertanyaan ini dipertajam kenyataan banyaknya perkawinan yang retak dan bahkan kandas, entah sampai cerai atau tidak, dengan segala akibatnya bagi pasutri sendiri dan anak-anaknya , demikian pula bagi masyarakat dan Gereja.
Maka pertanyaan vital yang patut diajukan dan dijawab ialah: Bagaimanakah perkawinan dapat berhasil? Inilah tantangan bagi suami isteri, bagi Gereja dan masyarakat pada umumnya. Bukan otomatisme keberhasilan di satu pihak, atau fatalisme kegagalan di lain pihak, melainkan perjuanganlah yang dapat membantu. Jawaban atas tantangan itu ialah prinsip harapan dan kepercayaan akan hukum pertumbuhan hidup manusia, juga hidup perkawinannya yang perlu dibina. Worldwide Marriage Encounter merupakan suatu wadah pasutri-pasutri (bersama dengan imam dan biarawan-biarawati) yang dijiwai kesadaran untuk bertindak sebagai subyek-subyek yang tidak pasrah kepada "nasib", melainkan sadar akan tanggung jawab untuk saling membantu dalam membina panggilan masing-masing, khususnya lewat peningkatan dan pendalaman komunikasi serta penghayatan sakramen perkawinan. Tetapi Marriage Encounter tak hanya "inward looking", melainkan sebagai usaha menghayati keluarga sebagai Gereja kecil juga berpartisipasi dalam perutusan Gereja kepada dunia, yakni merasul.
Maka sebaiknya aspek kerasulan awam Marriage Encounter diangkat ke permukaan akan menjadi lebih eksplisit dan lebih jelas, baik bagi para pesertanya sendiri agar lebih dihayati sebagai medan bakti kerasulan awam, maupun bagi seluruh umat, agar lebih didayagunakan dan didukung. Tulisan ini menyajikan sejumlah karangan untuk mengarahkan perhatian pembaca kepada aspek kerasulan awam Marriage Encounter ini.


Ketersediaan

I29659-C3I29659My LibraryTersedia
I29659-C2I29659My LibraryTersedia
I29659-C1I29659My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Seri KKA No. 49
No. Panggil
I29659
Penerbit Dioma : Malang.,
Deskripsi Fisik
51 p., 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Carmel, II No.946
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini