Image of Menakar Panji Koming: Tafsiran Komik Karya Dwi Koendoro Pada Masa Reformasi 1998

Text

Menakar Panji Koming: Tafsiran Komik Karya Dwi Koendoro Pada Masa Reformasi 1998



Komik kartun merupakan wacana visual yang sarat dengan tanda-tanda pictorial. Komik terdiri dari beberapa sekuens yang saling berhubungan. Hubungan-hubungan tersebut berupa alur cerita yang secara asosiatif diteruskan sendiri oleh pembaca. Selain berupa gambar, tanda-tanda dalam bentuk teks juga sangat menentukan arah permasalahan. Dengan kata lain, keduanya saling melengkapi dan bersinergi membentuk
jalinan makna. Mengamati komik Panji Koming ibarat sedang menebak teka-teki bergambar, Tanda-tanda visual dan narasi teksnya menggambarkan situasi masa lalu, namun secara anakronistis sebenarnya kisah-kisah tersebut merupakan metafora situasi aktual di Indonesia. Panji Koming bukan sekadar tampil melucu, tetapi di balik itu rentetan peristiwa sejarah secara intrinsik melatarbelakangi proses penciptaannya. Selaras dengan penggalian makna yang tersirat dalam komik tersebut, diperlukan kajian interpretatif dengan fokus pada signifikasi tanda-tanda dan konteksnya.
Komik Panji Koming merupakan bentuk lain dari rubrik opini redaksi Harian Kompas. Ia tidak secara eksplisit menjelaskan fenomena sosio-politik dalam negeri, namun fenomena tersebut dihadirkan dalam bentuk kiasan. Oleh karena itu, untuk dapat memungut maknanya diperlukan pengetahuan yang sesuai dengan konteks situasional. Tafsiran komik Panji Koming apabila diuraikan dapat menjadi suatu deskripsi yang signifikan dan merupakan penggalan catatan sejarah bangsa.


Ketersediaan

I16818-C1I16818My LibraryTersedia
I16818-C2I16818My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I16818
Penerbit Kompas Media Nusantara PT. : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 21 cm / 145 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9797090116
Klasifikasi
899.221 / SET / m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini