Image of Ensiklopedi Wayang

Text

Ensiklopedi Wayang



Terbukti ada satu prasasti peninggalan Raja Balitung pada tahun 907 dengan kisah Bima Kumara dan Ramayana. Dalam beberapa teks kuno itu juga di sebutkan dinamika seorang dhalang beserta upah yang diterimanya. Sampai saat ini seni pakeliran tetap berkembang dalam berbagai strata masyarakat baik perkotaan apalagi pedesaan. Pergelaran wayang senantiasa mengandung nilai kehidupan luhur yang memberi suri tauladan.
Seni Pertunjukan wayang merupakan cermin bagi kehidupan manusia. Perwatakan manusia yang berbeda-beda digambarkan oleh wayang baik yang sedang dijejer, di samping maupun di kothak. Selanjutnya pertumbuhan dan perkembangan cerita wayang berjalan melalui jalur lisan dan tulisan. Melalui jalur lisan wayang di sebarkan oleh para dhalang dan orang-orang tua yang sudah tahu banyak tentang ceritanya. Pada saat ini kegiatan itu masih berlangsung secara turun -temurun . sedangkan melalui jalur tulisan muncullah aneka Serat Pakem Ringgit Purwa.
Begitu besarnya peran pertunjukan wayang dalam kehidupan orang jawa, tidak berlebihan bila dikatakan bahwa wayang merupakan salah satu identitas utama manusia jawa. Mereka gemar beridentifikasi.


Ketersediaan

I24771-C1I24771My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I24771
Penerbit Pura Pustaka : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 20,5 cm / 977 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789791706124
Klasifikasi
181.16 / WID / e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini