Image of Ajaran Dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar: Konflik Elite Dan Lahirnya Mas Karebet

Text

Ajaran Dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar: Konflik Elite Dan Lahirnya Mas Karebet



Pandangan Syeikh Siti Jenar bahwa hidup yang dialami manusia sekarang ini adalah justru kematian jelas bertentangan dengan pendapat Wali Songo, ijmak ulama' dan pandangan resmi kerajaan Demak Bintoro. Demikian pula pendapat Syeikh Siti Jenar bahwa di dunia fana ini sudah terdapat syurga dan neraka. Menurutnya dalam alam ini manusia mengalami keberuntungan dan kesialan yang merupakan ganjaran syurga dan neraka.
Bagi Siti Jenar, para wali salah dalam memahami hidup dan mati, syurga dan neraka. Adalah keliru jika sekarang ini disebut alam kehidupan dan nanti disebut alam kematian. Kerena itu Syeikh Siti Jenar siang malam berusaha mensucikan budi dan menguasai ilmu luhur. Hal itu demi kemuliaan jiwanya dan manusia lainnya menuju kehidupan yang hakiki. Dan ini tercermin saat eksekusi dijatuhkan padanya, ia justru memilih jalan kematiannya sendiri.
Buku ini memfokuskan pada perbahasan ajaran dan jalan kematian Syeikh Siti Jenar. Suatu bahasan yang diharapkan dapat menguak kearifan sufistik di saat konflik elite yang tak kunjung reda. Konflik dalam diri kaum santri yang tengah mendapat angin segar paska keruntuhan Majapahit.


Ketersediaan

I24322-C1I24322My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I24322
Penerbit Kreasi Wacana : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 21 cm / 316 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9799577392
Klasifikasi
297.09 / MUL / a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini