Image of Filsafat Santo Thomas Aquinas

Text

Filsafat Santo Thomas Aquinas



Santo Thomas Aquinas adalah seorang yuris, teolog, dan filsuf yang sangat berpengaruh dalam tradisi skolastisisme selain sebagai pendukung teologi kodrat yang paling menonjol dan populer. Pengaruhnya pada pemikiran Barat cukup besar, dan banyak filsafat modern yang mengembangkan ataupun menentang gagasan-gagasannya, khususnya dalam bidang etika, hukum kodrat, metafisika, dan teori politik. Karya-karyanya yang paling dikenal adalah Summa Theologiae dan Summa contra Gentiles. Diduga kuat ia berkenalan dengan Aristoteles, Averroes (Ibnu Rusyd), dan Maimonides ketika berkuliah sehingga memengaruhi teologi dan filsafatnya.

Thomas pernah ditawan oleh keluarganya sendiri lantaran niatnya bergabung dengan Ordo yang ia kagumi dan yakini. Penentangan seperti itu ia alami lagi ketika ia menyebarkan pemikirannya. Ia dikecam oleh keuskupan Paris pada tahun 1277. Namun, perlahan teologinya dikagumi oleh banyak pihak sehingga ia mendapat kanonisasi. Sampai sekarang, kelengkapan filsafat dan kejernihan teologi Thomas masih sering dijadikan pokok diskusi kaum intelek.

Buku Seri Tokoh Filsafat diterjemahkan dari karya termasyhur Frederick Charles Copleston, seorang pendeta Yesuit Inggris, yang sebelumnya diterbitkan dalam sembilan jilid antara tahun 1946 dan 1975. Sebagaimana dicatat oleh The Encyclopedia Britannica, karya ini adalah “teks dasar pengantar filsafat untuk ribuan siswa universitas, khususnya dalam edisi paperback AS-nya.”


Ketersediaan

I20262-C1I20262My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Seri Tokoh Filsafat 6
No. Panggil
I20262
Penerbit Basabasi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
12 x 19 cm / 300 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786233052078
Klasifikasi
189.4 / COP / f 6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Filsafat Skolastik
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini