Image of Spiritualitas Dan Realitas Kebudayaan Kontemporer / Alfathri Adlin (Editor)

Text

Spiritualitas Dan Realitas Kebudayaan Kontemporer / Alfathri Adlin (Editor)



Isu tentang kebangkitan spiritualitas di abad 21 sudah menjadi hal klise yang sering memancing antusiasme. Munculnya gerakan New Age, filsafat perenial, SQ, bahkan isu titik temu sains dan agama kerap dipandang sebagai isyarat kebangkitan tersebut. Indonesia pun tidak ketinggalan memeriahkan antusiasme isu kebangkitan spiritualitas tersebut. Salah satunya adalah proyek islamisasi pengetahuan yang ternyata kandas juga. Bukan itu saja. Kini pun ramai berbagai training "spiritual" yang menawarkan paket "menangis" (menyesal) bersama-sama.
Apakah karena sekarang adalah zaman instan, maka spiritualisme pun menjadi instan juga? Seringkali spiritualitas diposisikan sebagai salah satu nilai tawar dalam industri kiat praktis. Spiritualitas pun berubah rupa menjadi terapi, dan bukan lagi praktik penempaan dan penyucian jiwa sepanjang hayat.
Terkait dengan isu-isu tersebut, buku ini membahas tentang posisi spiritualitas dalam kebudayaan dan peradaban kontemporer, baik dalam wacana perenialisme, tashawwuf, sains, sastra, media massa, dan sebagainya. Selain itu, buku ini juga mengkritisi pemikiran tentang spiritualitas, (hiper)realitas, dan posmodernisme yang telah banyak diangkat oleh seorang kritikus budaya, Yasraf Amir Piliang tentang tawaran pemikirannya untuk kembali kepada spiritualitas.


Ketersediaan

I26084-C1I26084My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I26084
Penerbit Jalasutra : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 21 cm / 366 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979368481X
Klasifikasi
306 / ADL / s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini