Image of Revolusi, Diplomasi, Diaspora : Indonesia, Tiongkok, Dan Etnik Tionghoa, 1945 – 1967

Text

Revolusi, Diplomasi, Diaspora : Indonesia, Tiongkok, Dan Etnik Tionghoa, 1945 – 1967



Buku ini memperlihatkan tidak hanya perjalanan etnis Tionghoa di Indonesia, tetapi juga perjalanan hubungan antara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Republik Indonesia dalam kurun waktu yang dipenuhi dengan gejolak (1945- 1967). Penelitian ini bersumber dari arsip Kementrian Luar Negeri RRT yang sempat dibuka untuk para sejarawan/peneliti diplomasi.
Setelah lepas dari penjajahan Jepang dan pada masa Revolusi Indonesia, etnis Tionghoa menghadapi kesulitan untuk melebur dalam konsep baru kewarganegaraan yang tidak mempertimbangkan faktor ras. Di masa Orde Lama, ketika etnis Tionghoa di Indonesia mengalami penderitaan karena pertentangan internal dan diskriminasi, pemerintah RRT dan Indonesia justru tengah menikmati hubungan persahabatan yang menajubkan. Keduanya bertujuan mengubah dunia menjadi bipolar di bawah dominasi Moskow dan Washington untuk menjadi tatanan dunia internasional baru yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
Namun, setelah meletusnya Gerakan 30 September, hubungan langsung menurun pada tingkat terendah dan terputus pada 1967. Kecurigaan terhadap etnik Tionghoa menyebabkan tindak kekerasan dan lebih dari 260.000 orang meninggalkan Indonesia. Orde Baru menuduh RTT berada di balik G30S, namun apakah benar demikian? Di sisi lain, mengapa terjadi pertentangan internal etnik Tionghoa?


Ketersediaan

I34440-C1I34440My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I34440
Penerbit Kompas Media Nusantara PT. : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 21 cm / 526 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024128456
Klasifikasi
959.8 / ZHO / r
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini