Image of Dharma Pātañjala: Kitab Śaiva Dari Jawa Zaman Kuno (Kajian Dan Perbandingan Dengan Sumber Jawa Kuno Dan Sanskerta Terkait)

Text

Dharma Pātañjala: Kitab Śaiva Dari Jawa Zaman Kuno (Kajian Dan Perbandingan Dengan Sumber Jawa Kuno Dan Sanskerta Terkait)



Dharma Pātañjala bisa diartikan sebagai ajaran suci Pātañjala, figur jelmaan Batara dan satu di antara guru terkemuka yang di Jawa dikenal sebagai Pañcakuśika. Buku ini berisi edisi terjemahan dan kajian Dharma Pātañjala, sebuah Kitab Śaiva Jawa Kuno-Sanskerta yang tertulis dalam satu kodeks daun gebang abad ke-15 dari Jawa Barat. Pengarang Dharma Pātañjala mengadopsi salah satu jenis aṣtāngayoga Patañjali alih-alih ṣaḍaṅgayoga Śaiva yang umumnya terdapat dalam kitab Jawa Kuno yang lain, dan menyesuaikannya dengan kerangka doktrinal Śaiva. Hasilnya adalah sistem yang berciri hibrida dan berasal dari tradisi komentar Yogasūtra Sanskerta yang mirip teks Yogasūtrabhāṣya.

Teks Dharma Pātañjala ini, yang tersaji dalam bentuk dialog antara Batara dan putranya, Kumāra, mendokumentasikan tradisi awal kitab-kitab spekulatif (tattva) yang sebelumnya hanya diketahui dari dua teks Jawa Kuno yang disebarluaskan di Pulau Bali, yaitu Vṛhaspatitattva dan Tattvajñāna. Teks ini mengisi celah pengetahuan kita tentang teologi dan filsafat Śaiva serta yoga di Nusantara, selain juga menyorot sejarah dan perkembangan agama Śiva dan Tantra di anak benua India.


Ketersediaan

I34431-C1I34431My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I34431
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
21 x 29,7 cm / 537 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024810559
Klasifikasi
091.049.922.2 / ACR / d
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini