Image of Metodologi Riset Studi Filsafat Teologi / A. Tjatur Raharso, Yustinus (Editor)

Text

Metodologi Riset Studi Filsafat Teologi / A. Tjatur Raharso, Yustinus (Editor)



Buku ini merupakan karya kolektif para dosen Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) "Widya Sasana" Malang, yang dipersembahkan kepada seluruh civitas academica dalam rangka pengembangan ilmu filsafat dan teologi demi pembangunan bangsa, negara, dan Gereja. Melalui karya ini para dosen ingin melengkapi buku "Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah", yang hanya berisi panduan teknis dalam menyusun skripsi atau tesis, khususnya dalam membuat kutipan atau rujukan. Karya kolektif ini akan fokus membahas pencarian dan pengolahan tema atau topik penelitian di bidang filsafat dan teologi, memperkenalkan berbagai perspektif pendekatan, serta penggarapan tema berdasarkan disiplin kedua bidang ilmu tersebut. Dengan demikian, buku ini juga bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa filsafat dan teologi di semua STFT atau STT (Sekolah Tinggi Teologi) di Indonesia.
Selain itu, sudah cukup lama para dosen STFT "Widya Sasana" Malang bertekad melakukan kontekstualisasi filsafat dan teologi di dalam sosiokultur Indonesia, baik dalam bidang pengajaran dan penelitian oleh para dosen maupun dalam studi dan tulisan ilmiah oleh para mahasiswa. Metodologi macam apa yang bisa dirumuskan dan diperkenalkan kepada mahasiswa agar mereka pun dapat berkontribusi bagi upaya kontekstualisasi itu? Kebutuhan itu juga ingin dipenuhi dalam buku ini. Melalui buku ini para dosen filsafat dan teologi tidak hanya menginspirasi dan mendorong para mahasiswa untuk menulis melalui bangku perkuliahan saja, melainkan juga dalam bentuk tulisan yang memuat konsep dan metodologi penelitian yang khas. Para mahasiswa diharapkan terbantu untuk selalu dapat berkonsultasi dengan buku ini ketika harus mencari-cari tema penelitian dan sekaligus metodenya. Di samping itu, melalui karya kolektif ini setiap dosen juga dapat saling mengetahui dan memahami konsep dan metode penelitian apa yang sedang dipikirkan dan dibangun oleh rekan dosen dari bidang ilmu yang lain.
Filsafat dan teologi sebenarnya merupakan bidang ilmu yang sangat luas, sehingga tidaklah mungkin menyajikan di sini semua cara dan bentuk pendekatan atau perspektif penelitian dari kedua bidang ilmu itu. Buku ini "sekadar" mengompilasi bentuk atau model penelitian yang dianggap penting oleh masing-masing dosen pengampu bidang studi, dan sekaligus dianggap bisa dikerjakan oleh para mahasiswa. Karena itu, buku ini tidak sempurna dan belum selesai, sehingga memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk meneliti dan menulis karya ilmiah dengan metode dan perspektif pendekatan lain yang sudah teruji.


Ketersediaan

I33997-C1I33997My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I33997
Penerbit Dioma : Malang.,
Deskripsi Fisik
424 p., 20,7 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786025765612
Klasifikasi
Carmel, III No.1397
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini