Image of Hikayat Kretek

Text

Hikayat Kretek



Karya Onghokham dan Amen Budiman ini boleh dibilang cukup komprehensif dalam membahas asal-usul tembakau dan penyebarannya ke dunia, terentang sejak kedatangan Columbus dan rombongannya ke Benua Amerika pada akhir abad ke-15. Menarik pula membaca uraian mengenai perkenalan masyarakat Jawa--tempat lahirnya--dengan tembakau.
Menurut kedua penulis, tembakau yang kemudian diikuti kebiasaan merokok masuk ke Jawa pada 1523 Saka atau sekitar 1601-1602, bertepatan dengan kemangkatan Panembahan Senopati, ayah Sultan Agung. "Waktu mendiang Panembahan meninggal di Gedung Kuning/ adalah bersamaan tahunnya dengan mulai munculnya tembakau/ setelah itu mulailah orang merokok." Demikian tertulis dalam Babad Ing Sangkala.
Penemuan kretek sendiri--campuran tembakau dan cengkeh--awalnya dimaksudkan sebagai obat sesak napas oleh penemunya, Haji Jamhari. Karya temuan ini diminati orang, sebuha perusahaan kecil pun didirikan oleh Haji Jamhari. Akhirnya, banyak orang berusaha mengikuti jejaknya. Dengan cara demikian lahirlah industri kretek di Kudus.
Ditulis dengan gaya bercerita, Onghokham dan Amen Budiman berhasil membawa kita ke dalam suatu kisah tentang Hikayat Kretek.


Ketersediaan

I33840-C1I33840My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I33840
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
19 x 24 cm / 184 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786026208248
Klasifikasi
679.73 / BUD / h
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini