Image of Spiritualitas Baru: Agama Dan Aspirasi Rakyat / Ahmad Suaedy, Elga Sarapung, St. Sunardi, Th. Sumartana (Editor)

Text

Spiritualitas Baru: Agama Dan Aspirasi Rakyat / Ahmad Suaedy, Elga Sarapung, St. Sunardi, Th. Sumartana (Editor)



SPIRITUALITAS BARU yang diperlukan adalah sikap yang lebih mementingkan kesalehan struktural
daripada kesalehan individual. Mengapa? Kesalehan struktural mendorong kehidupan yang terhindar dari gejala demoralisasi dan dehumanisasi dalam berbagai bentuknya. Sementara kesalehan individual tidak mendorong komitmen moral, tanggung jawab sosial dan solidaritas kemanusiaan. Tak mustahil seorang yang 'saleh', tidak terusik dan tergetar nuraninya menyaksikan kesenjangan sosial, ketidakadilan dan penindasan terhadap sesama.
Menumbuhkan spiritualitas baru adalah upaya menghidupkan kembali elan profetik, sebagaimana
tercermin dalam kehidupan dan perjuangan para pembawa agama. Mereka mengajarkan tidak saja bagaimana manusia menjadi insan yang baik, tetapi juga bagaimana manusia menjadi insan yang merdeka. Semua agama besar mempunyai idiom dan visi pembebasan manusia. Karena itu, kebangkitan agama-agama semestinyalah berangkat dari personal concern dan communal commitment untuk mengangkat elan profetik, sehingga agama berfungsi mendorong perubahan ke arah tatanan yang lebih adil.
Untuk maksud itulah, bunga rampai di bawah tema Spiritualitas Baru, Agama dan Aspirasi Rakyat ini didedikasikan kepada khalayak. Missi yang mendasarinya jelas, menghidupkan spiritualitas baru, agar agama tidak mandul karena kehilangan relevansinya dengan tantangan nyata yang dihadapi umat manusia.


Ketersediaan

I05497-C1I05497My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Seri Dian II Tahun I
No. Panggil
I05497
Penerbit Institut DIAN/Interfidei : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 21 cm / 304 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9798581016
Klasifikasi
291.178 / SUA / s II
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini