Image of Pertanian Berkelanjutan Berbasis Padi Melalui Jembatan SRI (The System Of Rice Intensification)

Text

Pertanian Berkelanjutan Berbasis Padi Melalui Jembatan SRI (The System Of Rice Intensification)



Masih dalam hubungan pada dan kecukupan pangan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa terjadi keprihatinan luar biasa dari para ahli pangan dan pertanian akhir-akhir ini tentang kecukupan pangan. Revolusi hijau berhasil menaikkan produksi pangan dua kali lipat dan mampu menjawab masalah kebutuhan pangan karena pertumbuhan penduduk. Namun setelah itu produksi pada persatuan luas hampir tidak mengalami perubahan. Terjadi stagnasi produksi padi selama 30 tahun setelah revolusi hijau. Sementara pertumbuhan penduduk dunia semakin meningkat.
Di mana Dewi Sri dalam keprihatinan ini? Dewi Sri yang kemudian muncul ternyata SRI (The System of Rice Intensification). Lahir di Madagascar (Afrika), ditemukan oleh Henri de Laulanie, dikembangkan oleh Tefy Sina organisasi LSM lokal, dan mempunyai bapak angkat Batara Guru Cornell University yang kemudian menyebarkan SRI ke seluruh penjuru dunia. Termasuk Indonesia.
SRI mengembalikan pada pada habitat aslinya dan memperlakukan padi secara bijaksana. Suatu pendekatan logis karena padi bukan tanaman air, ekologis karena ramah lingkungan, ekonomis karena tidak butuh sarana produksi baru dan perlu dibeli. Ajaibnya meskipun tanpa input baru, bahkan dengan mengurangi jumlah bibit, mengurangi jumlah air, meniadakan masukan kimia, hasil panen padi SRI (The System of Rie Intensification) malah meningkat tajam.
Meskipun SRI sudah tersebar di kalangan petani, namun jumlah referensi ilmiah tentang SRI jumlahnya sangat terbatas. Buku ini bisa menambah jumlah koleksi referensi SRI yang bagus karena menyajikan secara lengkap.


Ketersediaan

I04349-C1I04349My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I04349
Penerbit Universitas Brawijaya : Malang.,
Deskripsi Fisik
15 x 23 cm / 303 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
338.1 / HAR / p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini