Image of Pendidikan Ala Warung Pojok: Catatan-Catatan Prof. Dr. N. Driyarkara, SJ. Tentang Masalah Sosial, Politik, Dan Budaya

Text

Pendidikan Ala Warung Pojok: Catatan-Catatan Prof. Dr. N. Driyarkara, SJ. Tentang Masalah Sosial, Politik, Dan Budaya



Dr. Soedjatmoko melihat Drijarkara sebagai seorang pemikir yang tajam dan berdisiplin ilmiah. “Beliau bukan pembawa suatu sistem filsafat baru. Memang bukan itu yang diusahakannya. Yang disajikannya dan senantiasa ditekankannya ialah suatu cara berpikir, suatu metode berfilsafat sebagai suatu keaktifan manusia yang hakiki, yang tidak pernah selesai. Baginya 'filsafat adalah usaha menyelami realitas (alam, manusia dan Tuhan, sebagai dasar dari segala-galanya) seperti tertangkap dalam moment metafisik pengertian kita, yaitu sebagai realitas yang tertangkap sebagai pengada (being)'. 'Filsafat memperkembangkan moment metafisik itu sebagai ilmu'. ... Bahkan lantaran sifat cara berfilsafahnya itu, beliau dengan segala kesungguhan hati dan kadangkala naivitasnya yang mengharukan telah dibawa langsung ke tengah-tengah pergolakan dan perjuangan bangsa dan di dalam usaha bangsa kita untuk menyelami dirinya dan mendudukkan diri sebagai bangsa di dalam dunia dan sejarah. ...”
Nama nala dalam dunia pewayangan sering digunakan untuk menyebut anak-anak Semar, para anggota dari Punakawan: Nala Gareng, Nala Petruk dan Nala Bagong. Mereka adalah pelayan, penjaga, sekaligus penasihat para ksatria Pandawa. Sedangkan nala arti harafiahnya adalah hati. Dengan demikian Pak Nala dapat diartikan sebagai seseorang yang punya hati, yang bertugas untuk memberi perhatian pada berbagai hal, serta melayani kebutuhan orang yang dilayaninya. Bahkan Pak Nala juga punya tugas untuk mengingatkan orang yang dilayaninya. Itulah yang dilakukan Pak Nala dalam Warung Pojok.


Ketersediaan

I29265-C1I29265My LibraryTersedia
I29265-C2I29265My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I29265
Penerbit Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 21 cm / 193 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9798927974
Klasifikasi
361.1 / SUB / p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini