Image of Arkeologi Budaya Indonesia: Pelacakan Hermeneutis-Historis Terhadap Artefak-Artefak Kebudayaan Indonesia

Text

Arkeologi Budaya Indonesia: Pelacakan Hermeneutis-Historis Terhadap Artefak-Artefak Kebudayaan Indonesia



Setiap tempat dan ruang budaya memiliki bakat primordial dan perkembangannya masing-masing. Semua itu didasari oleh semangat prinsip yang sama, yakni pentingnya "harmoni" dari unsur-unsur berseberangan yang berkonflik. Masalahnya adalah, yang manakah nilai-nilai primordial atau asali pada setiap kelompok budaya indonesia yang jamak ini? Dan, bagaimana masing-masing kelompok mengharmonikan budaya "dalam" dan budaya "luar" untuk kelangsungan hidup bersamanya? Dengan menjawab pertanyaan tersebut, pada dasarnya, buku ini bermaksud menggali "arkeologi" pengetahuan nilai-nilai primordial suku-suku di Indonesia dan bagaimana mereka mengolah secara transformatif nilai-nilai "luar" dan "asing" yang merembes ke dalam bangunan kebudayaannya hingga menjadi bagian integratif dari nilai-nilai "dalam" dan "asali" mereka.
Dengan tujuan menunjukkan idealitas-rasional yang ada di baliknya, penulis menyuguhkan hasil penelusurannya atas artefak-artefak arkeologis kebudayaan suku-suku di Indonesia melalui pembacaan secara hermeneutis-historis. Dus, dengan membaca buku ini kita akan memahami "struktur pengetahuan" masing-masing kelompok budaya. Melalui pengetahuan ini, pada akhirnya diharapkan dapat tercapai sebuah sistem relasi antarkelompok yang lebih sehat dan saling menghormati dalam satu sistem bersama yang kini sedang kita bina, yakni keindonesiaan yang "tunggal".
Buku ini bermaksud menggali arkeologi pengetahuan nilai nilai luar dan asing yang merembes ke dalam bangunan kebudayaannya hingga menjadi bagian integratif dari nilai nilai dalam asali mereka.


Ketersediaan

I26479-C1I26479My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I26479
Penerbit Qalam : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
14,5 x 21 cm / 365 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9799440297
Klasifikasi
306 / SUM / a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini