Image of Ensiklopedia Kearifan Jawa: Menggali Mutiara Kearifan Jawa Berdasar Karya Agung Para Pujangga

Text

Ensiklopedia Kearifan Jawa: Menggali Mutiara Kearifan Jawa Berdasar Karya Agung Para Pujangga



Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai warisan para leluhurnya. Tidak hanya warisan berupa budaya dan tradisi, namun juga buah karya sastra yang pernah digubah pada zamannya. Karya sastra sangat memikat untuk dibaca dan sarat dengan ajaran-ajaran kearifan. Ajaran-ajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan manusia baik secara individual maupun sosial, serta menyentuh tentang hubungan transendental antara manusia dengan Tuhan.
Diakui oleh banyak pengamat sastra, bahwa karya sastra Jawa yang digubah para pujangga di masa silam, seperti: Arjunawiwaha karya Mpu Kanwa, Smaradahana karya Mpu Dharmaja, Nagarakretagama dan Niratha Prakretha karya Mpu Prapanca, Sotasoma dan Arjunawijaya karya Mpu Tantular, Lubdhaka dan Wrtasancaya karya Mpu Tanakung; sampai lagu Tamba Ati karya Sunan Bonang, Padhang Bulan karya Sunan Giri, Ilir-ilir karya Sunan Kalijaga dan sampai pada
Wulangreh karya Pakubuwono IV merupakan mutiara Jawa yang terpendam karena sekian lama tak dikenal oleh masyarakatnya sendiri. Mutiara yang seharusnya kembali digali agar terkuak ajaran-ajaran kearifan yang tersirat di dalamnya.
Berpijak dari keprihatinan di muka, buku yang dilengkapi dengan mutiara-mutiara Jawa ini pantas untuk dihadirkan di ruang baca publik. Hal ini dimaksudkan, agar masyarakat kembali mengenal karya-karya masterpiece serta ajaran-ajaran kearifan yang tersurat dan tersirat di dalamnya. Ajaran-ajaran yang sangat dibutuhkan ketika masyarakat mulai asing dengan warisan leluhurnya sendiri. Buku ini menjadi parafrasa dalam proses penggalian mutiara-mutiara Jawa yang selama ini teranak tirikan di tanah kelahirannya sendiri. Dihadirkan dengan menggunakan fakta historis secara periodik. Buku ini tak ubahnya mutiara-mutiara yang merefleksikan ajaran-ajaran kearifan dari karya para pujangga di era Kahuripan, Kadiri, Majapahit, Demak, Mataram Baru, Surakarta, sampai pada Praja Mangkunegaran, serta dari tutur tinular di lingkup masyarakat Jawa dari puluhan ribu tahun silam.


Ketersediaan

I03704-C1I03704My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I03704
Penerbit Araska : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 20,5 cm / 220 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021676752
Klasifikasi
181.16 / ACH / e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini