Image of Sejarah Runtuhnya Kerajaan-Kerajaan Di Nusantara

Text

Sejarah Runtuhnya Kerajaan-Kerajaan Di Nusantara



Barangkali tidak pernah terpikirkan, bahwa jauh sebelum negara Republik Indonesia merdeka, terdapat ribuan kerajaan baik besar maupun kecil yang tersebar pada berbagai titik bumi di Nusantara. Kerajaan-Kerajaan yang tidak hanya berada di Tanah Jawa dan Sunda melainkan pula bertebaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan lain sebagainya.
Sejarah kerajaan Nusantara mulai terlacak semenjak abad ke-2 M. Kerajaan yang berdiri pada masa itu adalah Salakanagara. Sebuah kerajaan tertua yang didirikan oleh Dewawarman I di Teluk Lada (Pandeglang). Selain Salakanagara, terdapat kerajaan-kerajaan tua yang berdiri sejak abad 4 M, seperti Tarumanagara, Kutai Martapura, Sriwijaya, Sunda-Galuh, Mataram Kuno, Inderapura, Samudra Pasai dan lain sebagainya. Namun kerajaan-kerajaan itu sekarang tinggal nama, usai mengalami keruntuhan akibat bencana alam, kudeta dan konflik internal atau kalah dalam peperangan.
Mengetahui kembali riwayat runtuhnya kerajaan-kerajaan di bumi Nusantara bukan bermaksud untuk menyingkap aib sejarah melainkan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang sejarah adalah sungguh menarik. Karena sebagai pembaca kritis, Anda akan mampu mengaplikasikan pengetahuan itu ke dalam kehidupan. Pengetahuan yang akan mengajarkan kepada kita untuk selalu bertindak tepat dan cerdas agar tidak mudah terjerembab ke dalam lubang kehancuran.
Hanya membaca buku yang diungkap secara runtut dan renyah berisi ini, Anda akan menjadi orang pertama yang niscaya mengetahui sejarah runtuhnya kerajaan-kerajaan di Nusantara secara lengkap. Sejarah yang akan membawa Anda untuk sejenak melakukan permenungan masa silam, sebelum menapaki masa depan dengan langkah-langkah cerdas penuh harapan.


Ketersediaan

I15738-C1I15738My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I15738
Penerbit Araska : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
13,5 x 20,5 cm / 260 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786021676929
Klasifikasi
959.801 / ADJ / s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini