Image of Neoliberalisme / I. Wibowo, Francis Wahono (Editor)

Text

Neoliberalisme / I. Wibowo, Francis Wahono (Editor)



Neoliberalisme adalah kata yang memang belum sepopuler kata “komunisme” atau “kapitalisme”. Namun, kata ini benar-benar telah merasuki berbagai wacana entah ekonomi, politik dan kebudayaan. Di kalangan aktivis yang tergabung dalam berbagai organisasi massa dan LSM, kata “neoliberal” menjadi semacam kata anatema. Sebaliknya, bagi pendukung-pendukungnya, kata itu menjadi semacam kata mantra. Dengan kata lain, “neoliberalisme” tidak hanya mengacu pada sebuah referen baru tapi juga membelah orang-orang menjadi kelompok-kelompok: pendukung, pengagum, penolak bahkan orang yang tidak bersikap.
Inilah jaman baru, jaman ketika kapitalisme menemukan mantelnya yang baru yang lebih radikal. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang canggih, kekuatan kapitalis global bergabung dengan kekuatan kapitalis lokal, bersama-sama mencoba mengeruk kekayaan planet bumi, sementara itu dijanjikan bahwa kemakmuran global akan menjadi kenyataan lebih cepat dari yang diinginkan. Apakah neoliberalisme memang membawa kemakmuran seperti yang dijanjikan itu? Jawabannya, ternyata negatif : TIDAK!
Buku ini menyajikan berbagai artikel yang mengupas lebih jauh neoliberalisme dengan studi kasus Indonesia. Diawali dengan melacak akar dan logika neoliberalisme, selanjutnya pembaca diajak tersadar betapa dahsyatnya dampak dari hegemoni neoliberalisme bagi bangsa ini. Bukan kebebasan dan kemakmuran yang kita dapatkan melainkan hancurnya tatanan dalam seluruh aspek kehidupan. Barangkali, buku ini representatif untuk disebut sebagai "INDONESIA MENGGUGAT" dalam kerangka mewujudkan Indonesia yang lebih mandiri dan percaya diri sebagai suatu bangsa.


Ketersediaan

I28276-C1I28276My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I28276
Penerbit Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 21,5 cm / 372 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9793087102
Klasifikasi
330.12 / WIB / n
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini