Image of Tapak Kecil Di Kompas: Antara Pena Dan Pistol

Text

Tapak Kecil Di Kompas: Antara Pena Dan Pistol



Berisi sebagian kecil karya jurnalistik dan pengalaman penulis bergabung dengan Harian KOMPAS. Beberapa tulisan yang diangkat disertai (sebagian) kisah tentang latar belakang, situasi, dan kondisi masyarakat saat masalah tersebut diliput dan dipublikasikan. Isinya merupakan jerih payah dalam pergulatan turut mewujudkan freedom from dan freedom for yang sampai saat ini masih terus berlangsung.
Judul buku “Tapak Kecil di Kompas, Antara Pena dan Pistol”, bisa dimaknai secara harfiah maupun kiasan. Frasa ”tapak kecil” menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil karya penulis dalam Kompas yang diangkat kembali dalam buku ini. Lebih luas dari itu, semua tapak penulis hanya merupakan bagian sangat kecil dalam Kompas secara menyeluruh, ibarat sebutir pasir di gurun Sahara.
Sementara paduan kata ”pena dan pistol” secara harfiah mudah ditebak, sebagai alat tulis dan alat perang. Konon, pena juga sering disebut lebih tajam daripada pedang. Dalam konteks buku ini ”pena dan pistol” dikiaskan sebagai “pers dan kekuasaan”, wartawan berhadapan dengan (aparat) kekuasaan (yang berpistol). Ini terinspirasi kasus yang dituangkan dalam topik Pistol di Atas Meja. Semua materi yang dipaparkan bukanlah fiksi, rekayasa atau spekulasi. Melainkan fakta-fakta transparan bahkan telanjang. Prosesnya berliku terkait dengan tugas profesi seorang wartawan, yang tercetak sebagai ”tapak” setelah melewati pergulatan dalam peliputan, penyusunan, dan pengeditan. Semuanya dipaparkan semata-mata untuk menyumbang kisah kehidupan pers di negeri kita, meskipun mungkin sangat kecil artinya. Dengan segala kerendahan hati penulis berharap, semoga sumbangan ini dapat diterima dan bermanfaat bagi kita semua.


Ketersediaan

I06338-C1I06338My LibraryTersedia
I06338-C3I06338My LibraryTersedia
I06338-C2I06338My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I06338
Penerbit Dioma : Malang.,
Deskripsi Fisik
12 x 19,5 cm / 207 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9792613293
Klasifikasi
808.84 / NOE / t
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini