Image of Ecofeminism: Perspektif Gerakan Perempuan & Lingkungan

Text

Ecofeminism: Perspektif Gerakan Perempuan & Lingkungan



Kerusakan ekologi dan malapetaka industri memunculkan ancaman langsung terhadap kehidupan sehari-hari, sementara tanggung jawab khusus masih terus dibebankan kepada perempuan. Haruskah perempuan menerima relasi antara penindasan patriarkal dan perusakan alam yang mengatasnamakan keuntungan dan perkembangan? Bagaimana mereka bisa mengkounter kekerasan yang inheren dalam proses tersebut? Haruskah mereka membuat jaringan gerakan perempuan dan gerakan sosial lainnya?
Maria Mies dan Vandana Shiva menawarkan sebuah analisa pemikiran yang provokatif terhadap persoalan tersebut dan isu-isu lain dari sudut pandang Utara -Selatan. Mereka mengkritik teori ekonomi yang ada, konsep konvensional mengenai emansipasi perempuan, mitos pembangunan 'mengejar ketertinggalan'. basis filsafat dari ilmu modern dan teknologi, serta pengabaian persoalan etika ketika mendiskusikan berbagai persoalan termasuk kemajuan teknologi reproduksi dan bioteknologi.
Sebagai orang yang diakui secara internasional sebagai feminis dan aktivis lingkungan, dalam mengkonstruksikan epistemologi ecofeminism dan metodologi, mereka melihat munculnya potensi gerakan yang mendukung pembebasan konsumen dan produksi subsistence, keberlanjutan dan regenerasi; dan mereka mendorong penerimaan terhadap konsep keterbatasan alam dan hubungan timbal balik, dan sebuah penolakan terhadap eksploitasi, kebutuhan tak terbatas terhadap komoditas, dan kekerasan.


Ketersediaan

I26225-C1I26225My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I26225
Penerbit IRE Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
13,5 x 20,5 cm / 378 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789818168
Klasifikasi
304.2 / SHI / e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini