Image of Cheng Ho: Penyebar Islam Dari China Ke Nusantara

Text

Cheng Ho: Penyebar Islam Dari China Ke Nusantara



Dalam buku ini Tan Ta Sen, sinolog dan pakar tokoh Zheng He atau Cheng Ho, meneguhkan teori “Gelombang Ketiga” dalam sejarah penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara. Setelah berlangsungnya dua gelombang pengaruh Islam yang datang melalui jalur perdagangan dari Gujarat (India) dan Timur Tengah, kemudian terjadi pula “Gelombang China,” yang juga merupakan arus besar penyebaran Islam ke Asia Tenggara, termasuk Kepulauan Nusantara.
Tan Ta Sen juga memaparkan bagaimana kontak budaya yang bersifat damai tidak saja mendorong terjadinya penularan, perpindahan, dan peralihan agama dengan melibatkan umat Islam dari daratan China, Yunnan, Champa, Jawa, Melayu, Arab, dan India, tetapi juga memungkinkan banyak orang China di Tanah Melayu tetap dapat memelihara ciri-ciri budaya non-Muslim mereka.
Inilah karya tulis pertama tentang sejarah penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara dan Nusantara yang didasarkan naskah-naskah kuno dan sumber-sumber sejarah penting lain yang ada di daratan China. Sebuah buku yang kehadirannya sudah lama ditunggu-tunggu para pakar sejarah penyebaran Islam.


Ketersediaan

I24399-C1I24399My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I24399
Penerbit Kompas Media Nusantara PT. : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
15 x 23 cm / 406 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797094928
Klasifikasi
297.211.4 / SEN / c
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini