Image of Pramoedya Ananta Toer: Luruh Dalam Ideologi

Text

Pramoedya Ananta Toer: Luruh Dalam Ideologi



Bagaimanakah dan sejak kapan serta lantaran apakah sasterawan terkemuka Pramoedya Ananta Toer menjadi Kiri, menggabungkan kerja-kerja sastra dengan politik?
Buku yang semula adalah disertasi Savitri Scherer ini menjawabnya. Savitri bukan saja menjelajahi biografi Pram, tetapi juga hubungan antara dunia nyata dan dunia fiksinya. Savitri pun tak merasa cukup hanya membongkar struktur kompleks mediasi antara Pram dan dunia kreatifnya dengan memperhatikan suasana juga kekuatan-kekuatan sosial, kebudayaan, politik yang gegap gempita oleh pertarungan ideologi dan semangat zaman penuh intrik polemik pemenjaraan dari periode 1950–1980 yang dialami serta mempengaruhinya. Lebih jauh Savitri menelusuri pandangan-pandangan sosial dan politik Pram untuk memahami karir sastranya, seraya menilai tanggapan-tanggapannya terhadap norma-norma sosial dan sastra pada masanya.
Sebab itu sekali lagi Savitri dengan buku ini –seperti buku yang sebelumnya telah ditulis Keselarasan dan Kejanggalan –menyumbangkan suatu model sejarah pemikiran yang bukan saja kaya informasi, tetapi juga membuat kedirian Pram dapat lebih dalam dipahami.


Ketersediaan

I19503-C1I19503My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I19503
Penerbit Komunitas Bambu : Depok.,
Deskripsi Fisik
14 x 21 cm / 190 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786029402025
Klasifikasi
928 / SCH / p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini