Image of Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI / G. P. Sindhunata (Editor)

Text

Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI / G. P. Sindhunata (Editor)



Memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berkembang bukan hanya tuntutan pedagogi, tetapi juga tuntutan kultural. Kultur kita akan mundur jika kita tidak menghargai anak-anak. Untuk menyelamatkan mereka, perlu sekali kita pahami lagi secara seimbang makna sekolah.
Di satu pihak sekolah adalah tempat anak-anak dipersiapkan untuk menghadapi sekaligus melayani masyarakatnya. Di lain pihak sekolah juga berfungsi sebagai benteng, tempat anak-anak berlindung dari tekanan masyarakatnya. Di samping itu, kita pun dituntut untuk memikirkan cara mengajak anak-anak agar sedini mungkin memahami dan mengalami nilai-nilai dan rasa keadilan.
Buku ini menuntun kita untuk memahami, bahwa pendidikan tidak berarti memberikan memaksakan dunia serta pengetahuan kita kepada anak-anak, melainkan membuka dan menyelamatkan masa depan mereka. Dalam buku ini disajikan berbagai pemikiran seputar kurikulum, perkembangan anak, gender dan pluralisme, dan pendidikan rasa.
Tokoh-tokoh yang menyumbangkan pemikiran di dalamnya adalah Conny Semiawan, T. Raka Joni, S. Belen, Paul Suparno (Kurikulum); Kak Seto, Sarlito Wirawan Sarwono, Murti Bunanta, M.D. Dahlan (Perkembangan Anak); Karlina Leksono-Supelli, Mary Astuti, Yayah Khisbiyah, Ratna Wilis Dahar (Gender dan Pluralisme); I. Ketut Sumarta, St. Kartono, Juju Masunah (Pendidikan Rasa).


Ketersediaan

I31069-C2I31069My LibraryTersedia
I31069-C1I31069My LibraryTersedia
I31069-C3I31069My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I31069
Penerbit Kanisius : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
15,5 x 22,5 cm / 235 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9796728486
Klasifikasi
375.006 / SIN / m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini