Image of Pendidikan Wawasan Kebangsaan: Tantangan Dan Dinamika Perjuangan Kaum Cendekiawan Indonesia / Soerjanto Poespowardojo, Frans M. Parera (Editor)

Text

Pendidikan Wawasan Kebangsaan: Tantangan Dan Dinamika Perjuangan Kaum Cendekiawan Indonesia / Soerjanto Poespowardojo, Frans M. Parera (Editor)



Salah satu pesan penting dari sekelompok cendekiawan Indonesia yang menjadi kontributor terbitan ini adalah kesadaran aktual secara kelompok atas adanya krisis solidaritas keindonesiaan yang secara aktual menjurus kearah disintegrasi kehidupan bangsa Indonesia di masa depan. Gejala ini merupakan sebuah ironi kesejarahan Indonesia bila dihadapkan dengan momen historis yang berlangsung unik dan einmalig (sekali terjadi dan tak terulang kembali) dalam peristiwa pencerahan akal budi kaum cendekiawan Indonesia tempo doeloe yakni Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
Sekelompok cendekiawan yang mencetuskan gagasan dalam terbitan ini menghimbau dan mencanangkan suatu gerakan kebangkitan kebangsaan Indonesia baru. Dimulai dengan menghayati kesadaran sejarah tentang makna Sumpah Pemuda 1928 tentang solidaritas keindonesiaan modern yang didasarkan atas tempat tinggal (domisili) dan hak-hak hukum yang sama di depan hukum nasional di dalam kemerdekaan sebagai warga negara tanpa deskriminasi. Dengan demikian terjadi regrouping (pengelompokan baru) bukan atas ikatan-ikatan primordial, sektarian, dan eksklusif melainkan atas dasar wawasan kebangsaan sehingga tercipta konsolidasi menghadapi persaingan dalam pergaulan bangsa. Kaum cendekiawan Indonesia menjadi pelaku utama dan kunci dari tantangan dan dinamika tersebut.


Ketersediaan

I31174-C1I31174My LibraryTersedia
I31174-C2I31174My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I31174
Penerbit Grasindo PT. : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 21 cm / 316 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9795534149
Klasifikasi
379 / POE / p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini