Image of Ajal Agama Di Tengah Kedigdayaan Sains?

Text

Ajal Agama Di Tengah Kedigdayaan Sains?



Tidak sulit disepakati bahwa zaman ini adalah zaman krisis spiritual ketika agama terguncang dengan amat dahsyat. Tetapi, tidak mudah untuk menyepakati apa yang menjadi penyebabnya.
"Saintisme" -- itulah biang keladi krisis spiritual ini, simpul pengarang buku ini, Huston Smith, dengan amat tegas. Proklamasi ini bukan hal yang pertama kali disebutkan orang. Tetapi, ketika yang mengatakan itu adalah Huston Smith-- seorang juru bicara kontemporer agama-agama dunia, pengarang The World's Religions, sebuah buku standar dalam pengantar agama-agama dunia yang dipakai secara luas di berbagai universitas dunia -- tuduhan itu menjadi isu intelektual yang memanas. Persoalannya: pendefinisian saintisme ternyata rawan dirasuki penilaian filosofis.
Misalnya, apakah teori evolusi Darwin termasuk sains atau saintisme? Kalangan tradisionalis semacam Smith, yang mengunggulkan agama atas sains, menilai teori evolusi Darwin sebagai saintisme. Di pihak lain, sebagian saintis - yang tidak sedikit di antaranya adalah juga penganut agama yang taat -- menganggap teori evolusi itu sebagai sains.
Keruan saja, argumentasi Smith menuai kritik keras dari banyak kalangan, misalnya dari Ian Barbour (guru besar fisika dan teologi, pengarang Juru Bicara Tuhan), Ursula Goodenough (guru besar biologi), dan Peterson (guru besar teologi). Tetapi, ada juga fisikawan terkemuka, Varadaraja V. Raman, yang mencoba memahami posisi Smith dengan nada empatis. Keempat penanggap ini ditampilkan di Bagian Lampiran.
Menghidupkan refleksi filsofisnya dengan sejumlah anekdot, humor, puisi, dan pengalaman pribadi, Smith tampaknya ingin berbicara dengan bahasa pikiran dan hati.


Ketersediaan

I04106-C1I04106My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I04106
Penerbit Mizan : Bandung.,
Deskripsi Fisik
13 x 20,5 cm / 442 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794333255
Klasifikasi
215 / SMI / a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini