Image of Memoria Passionis Dan Rekonsiliasi Untuk Membangun Indonesia Baru (12) / Agustinus Ryadi (Editor)

Text

Memoria Passionis Dan Rekonsiliasi Untuk Membangun Indonesia Baru (12) / Agustinus Ryadi (Editor)



Menelaah memoria Passionis bangsa Indonesia bukan usaha yang sederhana. Seringkali malah complicated. Tema Memoria passionis merupakan tema berat, yang mengundang luka karena menyangkut pengalaman eksistensial bangsa Indonesia sendiri selama kurun waktu yang tidak singkat, mengingat dan mengetahui masa lalu membuat kita bisa belajar dan memetik hikmah dari yang baik dan yang buruk. Ingatan akan masa lalu yang buruk dan hitam, yang penuh derita akan menjadikan manusia berusaha menghindarinya. Dari Memoria Passionis timbullah rekonsiliasi nasional. Rekonsiliasi nasional yang hendak dicapai ini menjadi rekonsiliasi yang tidak dipaksakan, rekonsiliasi dengan jiwa. Kita sadar bahwa agenda rekonsiliasi nasional adalah agenda kebangsaan yang menentukan jalan hidup bangsa, pengerjaannya pun harus dengan pertimbangan kebangsaan.
Seri Filsafat Teologi Widya Sasana merinci carut marut pengertian Memoria Passionis dan rekonsiliaso, tetapi tidak melupakan harapan membangun Indonesia baru. Meski rekonsiliasi merupakan salah satu solusi dari membangun Indonesia baru, tetapi menarik juga untuk disimak. Karena rekonsiliasi merupakan syarat pembangunan sebuah entitas kebangsaan.
Bunga rampai pemikiran ini yang sebagian sampaikan dalam rangka Seminar Nasional: Hari-Hari Studi STFT Widya Sasana ke XXIX di Malang (22-24 Oktober 2004) ditutup dengan refleksi berdasarkan pada keberanian untuk beriman dalam pembangunan ‘Indonesia Baru’.


Ketersediaan

I29970-C2I29970My LibraryTersedia
I29970-C1I29970My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Seri Filsafat Teologi Widya Sasana 12
No. Panggil
I29970
Penerbit Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana : Malang.,
Deskripsi Fisik
158 p., 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
14119005
Klasifikasi
Carmel, II No.1203/12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini