Image of Mencari Pemimpin Umat: Polemik Tentang Kepemimpinan Islam Di Tengah Pluralitas Masyarakat / Maksum (Editor)

Text

Mencari Pemimpin Umat: Polemik Tentang Kepemimpinan Islam Di Tengah Pluralitas Masyarakat / Maksum (Editor)



Dari mana kita harapkan munculnya pemimpin sejati umat Islam di era reformasi ini, dari kalangan ulama tradisional yang menyebar di berbagai pesantren, dari kalangan birokrat di Departemen Agama atau dari kalangan cendikiawan dan intelektual yang independen? Buku ini mengetengahkan perdebatan terbuka mengenai persoalan urgen tersebut yang menampilkan pemikiran sejumlah ruhaniwan dan intelektual terkemuka, seperti Gus Dur,Taufik Abdulah, Jalaludin Rakhmat, almarhum Romo Y.B.Mangunwijaya dan almarhum Victor Tanja.
Diangkat dari polemik hangat di media massa mengenai tipologi dan pluralitas kepemimpinan umat Islam yang digagas koran terkenal Jawa Timur, Jawa pos melalui buku ini hadir potret berbagai sisi menarik seputar kategori kepemimpinan yang senantiasa memancing debat hangat di kalangan masyarakat. Ada yang melacak akar historis, teolosis, sosilogis, kultur, dan politis serta orientasi pemikiran, hingga persoalan formalisasi dan birokratisasi Agama.
Buku ini menemukan vitalitasnya di tengah kerinduan umat mencari sosok dan figur pemimpin bangsa yang benar-benar mewakili berbagai sendi pluralitas bangsa. Sebuah polemik pada hakikatnya adalah upaya dialog bersama untuk menampung pluralitas yang menjadi wadah bagi "sekolah demokratis". Polemik menjadi wahana bagi pemerkayaan perspektif dan pemerluasan wawasan karena di dalamnya terkandung itikad bersama untuk mencapai cita-cita yang ingin dituju, yakni menemukan pemimpin yang menjadi wakil dari suara umat dan sekaligus memenuhi kerinduan rakyat.


Ketersediaan

I24487-C1I24487My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I24487
Penerbit Mizan : Bandung.,
Deskripsi Fisik
13,5 x 20 cm / 122 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794332402
Klasifikasi
297.6 / MAK / m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini