Image of Profesionalisme Militer: Profesionalisasi TNI

Text

Profesionalisme Militer: Profesionalisasi TNI



Krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998 melahirkan berbagai pergerakan, terutama di kalangan mahasiswa yang menuntut adanya reformasi total dengan mengusung ide demokratisasi. Agenda ini terkait pula dengan upaya mereduksi peran militer dalam tanggung jawab sosial dan politik yang terjadi di era sebelumnya. Upaya tersebut dijalankan dengan (paling tidak) menghilangkan sama sekali dan mengembalikan TNI ke dalam fungsinya (repositioning) di bidang pertahanan keamanan sehingga tidak ikut campur di dalam fungsi sosial politik. Namun prakteknya tidak lah mudah mereduksi peran TNI dalam bidang sosial politik, karenanya reposisi TNI tidak dapat dilakukan secara drastis. Hal ini juga terkait dengan kesiapan mental TNI untuk dapat kembali ke posisi semula sebagai "tentara profesional".
Dalam rangka membangun profesionalisme, tidak hanya dibutuhkan semangat dan kemauan tapi juga dukungan politik. Sebab kenyataannya di satu sisi TNI dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya, namun di sisi lain biaya operasional, persenjataan maupun kesejahteraan prajurit masih jauh dari harapan. Buku ini akan mencoba mengurai persoalan profesionalisme TNI, khususnya profesionalisme TNI pasca reformasi.
Secara umum, buku ini menggambarkan apa saja yang sebetulnya terjadi di lingkungan ketentaraan, perluasan pemangku kepentingan (stake holder) dalam upaya profesionalisasi tentara dan pemahaman kesatriyaan di lingkungan tentara.


Ketersediaan

I04342-C1I04342My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
I04342
Penerbit UMM Press : Malang.,
Deskripsi Fisik
15 x 22 cm / 341 pg
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797960551
Klasifikasi
355.3 / EFF / p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini