Image of Eklesiologi Digital Tubuh Mistik Kristus Dalam Cyberspace (Tinjauan Eklesiologi Kontekstual-Pastoral Atas Fenomena Misa Live Streaming Di Paroki Katedral St. Perawan Maria Dari Gunung Karmel Malang)

Text

Eklesiologi Digital Tubuh Mistik Kristus Dalam Cyberspace (Tinjauan Eklesiologi Kontekstual-Pastoral Atas Fenomena Misa Live Streaming Di Paroki Katedral St. Perawan Maria Dari Gunung Karmel Malang)



Tesis ini merupakan penelitian untuk merefleksikan fenomena misa Live streaming yang terjadi di masa pandemi Covid-19. Fenomena ini bisa menjadi bahan untuk merefleksikan eklesiologi digital yaitu bagaimana model Tubuh Mistik Kristus hidup di dalam cyberspace. Penelitian ini merupakan eklesiologi kontekstual-pastoral. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan interpretif hermeneutis. Peneliti membatasi variabel penelitian ini yaitu Paroki Katedral St. Perawan Maria Gunung Karmel Malang. Pengambilan data akan dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumen-dokumen penting. Tujuan penelitian adalah bagaimana merefleksikan model Gereja sebagai Tubuh Mistik Kristus dalam konteks cyberspace dan pandemi. Peneliti juga memberikan implikasi pastoral yang tepat untuk penghayatan kehidupan menggereja ini. Penelitian ini dibagi menjadi 6 bab. Hasil penelitian menunjukkan kehidupan paroki Ijen mau tidak mau harus berada dan hidup di dalam jaringan internet. Terobosan-terobosan baru dengan media digital dilakukan demi cura animarum sekaligus peran tim live streaming menjadi sangat vital di masa pandemi. Fenomena ini menghantar Gereja untuk melihat pemaknaan baru konektivitas dalam relasi interpersonal antara Kristus Kepala Tubuh dan anggota-anggota Tubuh-Nya. Konektivitas yang ditekankan yaitu ikatan mistik dalam Kristus Yesus. Ikatan ini berusaha dikuatkan dengan koneksi internet. Dalam dunia digital, kunci relasi interpersonal adalah koneksi. Paroki berusaha menjangkau ikatan spiritual dengan setiap keluarga melalui misa live streaming dan setiap keluarga selalu berusaha untuk terkoneksi dengan parokinya. Konektivitas ini membawa Gereja untuk merefleksikan rumah sebagai ruang salaal. Implikasi pastoral yang ditawarkan menekankan konektivitas. Penelitian eklesiologi digital ini hanya ingin membuktikan bahwa banyak cara dan jalan untuk tetap menjadi Tubuh Mistik Kristus. Gereja tetap dapat mempertahankan identitasnya di tengah situasi apa pun. Banyak sekali jalan yang disediakan dan Gereja tetap memilih jalan yang terbaik untuk mencapai pusat kehidupan yaitu Yesus Kristus sendiri.

Kata kunci : misa live streaming,Tubuh Mistik Kristus, cyberspace, konektivitas


Ketersediaan

I35101-C1I35101My LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
Tesis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Menyelesaikan Program Magister Filsafat
No. Panggil
I35101
Penerbit Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana : Malang.,
Deskripsi Fisik
190 p., 28 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Carmel, III No.60/T/88
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini